Apakah alexa rank itu penting dan apa manfaatnya

Apakah alexa rank itu penting dan apa manfaatnya bagi blog ?


pertanyaan inilah yang mungkin akan ditanyakan oleh para pemula seperti saya. ada banyak pendapat tentang penting atau tidaknya alexa rank yang saya temui. mulai dari yang menganggap bahwa alexa rank itu adalah sesuatu yang tidak berpengaruh saya sekali terhadap kualitas dan prestasi blog sampai dengan sebuah anggapan yang mengatakan bahwa alexa rank adalah salah satu hal yang harus diperhatikan demi popularitas dan kemajuan sebuah blog.
 

sebelum kita membahas hal ini lebih jauh, ada baiknya jika kita sedikit meninjau apa itu alexa rank dan apa pula manfaat dan pengaruhnya bagi blog.

Apa itu alexa rank ?
alexa rank adalah sebuah alat yang yang tersedia pada situs www.alexa.com yang berfungsi sebagai analisa suatu blog. alexa dipercaya dapat menganalisa seberapa besar traffik atau page view pada suatu blog atau website. rank alexa yang tertinggi (paling bagus) adalah dimulai dari angka (real) yang kecil yaitu 1 (satu). untuk sekarang posisi terbaik ini ditempati oleh search engine google yang mendapatkan rank 1 (satu) alexa dan dilanjutkan dengan peringkat kedua adalah facebook yang merupakan jejaring social populer saat ini.

banyak para pemilik blog ataupun website yang cukup memperhatikan tentang alexa rank ini. mereka percaya bahwa  dengan memiliki alexa rank yang bagus (kecil) dapat meningkatkan populaitas blog atau website yang mereka miliki.

Apakah alexa rank itu penting ?
seperti yang saya katakan sebelumnya, akan ada banyak sekali ragam tangapan untuk pertanyaan ini. dan jujur, sampai sekarang ini saya pribadi juga tidak terlalu memperhatikan dan tidak terlalu peduli tentang alexa rank blog ini. kenapa begitu ?, berikut ini jawabannya.

Menurut apa yang saya amati selama ini tentang alexa rank, saya menilai bahwa alexa rank tidaklah menentukan popularitas suatu blog. alexa rank juga tidak menentukan seberapa besar trafik suatu blog. hal ini sudah saya buktikan sendiri. sebuah blog yang bahkan hanya memiliki traffik belasan/hari (blog saya yang tidak diurus) mampu mengalahkan alexa rank blog yang sudah memiliki visitor ribuan visitor/hari (ini juga blog saya). bahkan yang lebih mengejutkan, jarak alexa rank kedua blog tersebut tebilang cukup jauh, yaitu 5.000.000 untuk blog yang memiliki visiyor belasan dan 12.000.000 untuk blog yang memiliki visitor ribuan. ini sangat tidak akurat mengingat semakin kecil alexa rank semakin baguspula blog tersebut (entah apa yang bagus).

Lalu kalau begitu apa manfaatnya tuh alexa ?
tidak salah bagi orang yang menganggap alexa rank ini sangat penting. salah satu alasannya adalah bisnis online. beberapa bisnis online terpercaya dan dihakini cukup menjanjikan bagi pemilik blog atau website yang sangat memprioritaskan rank alexa ini. saya misalkan saja salah satu bisnis online yang memberikan syarat alexa rank tertentu bagi siapa saja yang ingin terlibat adalah bisnis onlien jenis PTR (paid to review).

Untuk mengikuti program PTR ini, para publiser (penerbit iklan) biasanya harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu, dan salah satunya adalah alexa rank yang harus kecil. karena advertiser (pengiklan) yang akan mempromosikan barang atau program mereka tidak sembarangan memberikan job. advertiser hanya akan memberikan job bagi mereka yang mempunyai media (blog/websiter) yang berkualitas karena dengan begitu promosi yang mereka lakukan akan membawa dampak yang besar bagi kemajuan produk mereka.

KESIMPULAN :
apakah alexa rank itu penting ?, menurut saya, alexa rank tetap menjadi suatu yang penting karena perannya yang sangat menguntungkan sekalipun alexa rank bukan penentu berkualitas atau tidaknya suatu blog atau website.

Ini hanyalah pendapat dari hasil pengamatan yang saya pribadi juga belum bisa mengatakan bahwa pendapat in benar. tidak ada magsud untuk menyangkal atau menggurui.




{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment