Copas dengan menyertakan link sumber bukan ciri blogger bermoral

inilah gambaran dimana cara pandang manusia terhadap sesuatu sudah sangat memprihatinkan. Dimana sebuah kata ''proses'' sudah tidak dipedulikan lagi, hanya ''hasil , hasil dan hasil'' yang menjadi dambaan tanpa mau melihat apakah itu baik atau buruk, apa halal apakah haram ?!.
jujur, pada postingan kali ini, saya ingin menyangkal sebuah pandangan dari kebanyakan blogger tentang cara copas yang baik atau bermoral. Kita tahu bahwa banyak sekali artikel - artikel yang tak lain adalah hasil dari klik kanan >> pilih copy pada mouse dan kemudian langsung Ctrl + V ini telah memenuhi atau ''mewarnai'' (dalam tanda kutif) dunia para blogger. Banyak sekali yang dengan entengnya melakukan tindakan yang menurut saya sangat jauh dari panduan menjadi blogger yang bermoral.
Disini saya mencoba menggambarkan beberapa tingkah laku bloggers yang saya anggap bukan blogger yang bermoral.

1. tipe blogger copas dengan menyertakan link sumber artikel
  • menurut saya blogger tipe ini adalah tipe copase yang ''paling baik'' diantara yang buruk. Namun tetap saja blogger tipe ini bukan termasuk blogger yang bermoral dan tidak mempunyai attitude yang baik.Mengapa saya bilang begitu ?, menurut saya tipe blogger seperti ini cukup pastas jika disebut pencuri yang jujur. Lalu apakah pencuri yang jujur itu baik ?, tentu jawabannya adalah tidak. Mencuri tetaplah mencuri dan mengakui bahwa dia adalah pencuri tidak merubah nilai dari Kata '' mencuri '' itu sendiri. Sekarang pikir dengan menggunakan anugrah Allah Swt yang diberikan kepadamu yaitu akal. Apakah mencuri dan mengakui bahwa dia adalah pencuri secara terus menerus itu baik ?, apakah nilai satu kejahatan bisa dihapus dengan satu pengakuan. Mungkin ini yang dipikirkan oleh copaser tipe ini. Mereka pikir semua selesai setelah mengakui bahwa mereka mencuri artikel dengan menyertakan link sumber. Sungguh sangat memprihatinkan.
    Memang, tidak akan ada satu mahklukpun dibawah kolong langit ini yang terlepas dari yang namanya kesalahan. Tapi yang saya tahu adalah '' Sebaik - baiknya orang yang melakukan kesalahan adalah orang yang mau keluar dari kesalahan itu sendiri '' bukan orang yang senantiasa betah dengan kesalahan yang dibuatnya.
2. tipe blogger copas tanpa menyertakan link sumber artikel
  • tidak perlu saya jelaskan panjang lebar untuk blogger tipe ini karena saya yakin memang tidak perlu dijelaskan. Dan jika memang ada kursi tertinggi dengan gelar copaser sejati, saya percaya bahwa blogger tipe ini pantas dan mampu memegang tanggung jawab untuk menjadi pemilik kursi blogger copaser sejati tersebut.
Sebenarnya ada banyak tipe blogger copaser yang sok merajarela, namun cukup 2 ( dua ) tipe saja yang saya bahas dipostingan ini.
Sekarang saya akan memberikan gambaran tentang blogger copas yang menurut saya adalah benar - benar blogger yang punya etika. Dalam artian blogger yang jenis ini adalah tipe blogger copas yang tidak menyimpang dari panduan menjadi blogger atau manusia yang bermoral.


Tipe atau syarat menjadi copaser yang baik menurut saya

Dua tipe blogger diatas akan lepas dari anggapan yang buruk jika memang jenis artikel atau cara melakukan copas telah memenuhi syarat dibawah ini:
  • 1. Artikel memang dibuat oleh penulis aslinya untuk tujuan berbagi dan memang dianjurkan oleh penulis untuk disebar luaskan. Untuk artikel jenis ini menurut saya halal - halal saja untuk di copas dengan atau tanpa menyertakan suber link sekalipun karena dengan melakukan copas pada artikel jenis ini, kemungkinan besar sang penulis aslinya akan berterima kasih kepada kita karena memang itu tujuan artikel jenis ini dibuat.

  • 2. Sebelum mempublikasikan artikel yang dicopas, sang copaser meminta izin terlebih dahulu oleh penulis aslinya.dengan catatan tidak mempublikasikan artikel yang dicopas sebelum memperoleh izin dari pemilik artikel.

    ya, inilah tindakan yang harus dilakukan untuk menjadi copaser yang baik menurut saya. Karena memang Copas itu tidak buruk, yang buruk adalah cara kita melakukan copas
.Untuk sekarang, hanya itu syarat atau hal yang harus dilakukan untuk menjadi copaser yang baik yang terpikir di benak saya. Bagi anda yang memiliki pendapat - pendapat yang lain, tak peduli itu pro atau kontra. Silahkan ditulis pada kotak komentar. Dan untuk itu saya ucapkan terima kasih.










{ 1 comments... read them below or add one }

Mohamad Daimus S. said...

Saya sangat setuju soal ini.

Post a Comment